Monday, June 26, 2017

Review kegiatan bidang Pelatihan dan Pengembangan Organisasi Hima Akuntansi S1 2017/2018

Helooooo semuanyaaaa,, apa kabar?
Kali ini kita akan mereview tentang program kerja yang telah terlaksana oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi S1, yang lebih tepatnya di laksanakan oleh bidang Pelatihan dan Pengembangan Organisasi.
Langsung aja yukk
- program kerja yang pertama, yaitu Diklat Kesekretariatan.
Alhamdulillah, kegiatan Diklat Kesekretariatan telah di laksanakan pada hari jumat, 28 april 2017 pukul 13.00 wib yang bertempat  di ruang kelas Universitas Pamulang yang berjalan dengan lancar.
Kegiatan ini di khususkan untuk pengurus Hima Akuntansi S1 dan  di hadiri oleh 36 peserta, yang terdiri dari pengurus Himpunan Mahasiswa Akuntansi S1 serta KPK (Komisi Pengawas Kinerja).
Diklat Kesekretariatan ini dikemas dalam acara yaitu berupa penyampaian mengenai cara pembuatan proposal, LPJ, serta surat-menyurat yang baik,

Materi tersebut disampaikan oleh Ibu Khairunnisa Azzahra, beliau adalah dosen dari Universitas Pamulang. 

kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab oleh beberapa  pengurus HIMA akuntansi S1 dari peserta kegiatan ini. Kegiatan ini berakhir pada pukul 16.00 wib. semoga setelah di laksanakannya kegiatan ini, pengurus dapat lebih memahami kembali bagaimana cara membuat proposal, lpj, surat-menyurat yang baik. Semoga ilmu yang di dapat dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir, dan kami berharap agar kegiatan ini dapat lebih baik lagi ke depannya, aammiiinnn.
Berikut adalah foto-foto dari diklat kesekretariatan:



Kita lanjut lagi yukk
- program kerja yang kedua, yaitu Diklat Etika dalam Berorganisasi.
    Alhamdulillah kegiatan Diklat Etika dalam Berorganisasi yang telah di laksanakan pada hari  jumat, 19 Mei 2017 berjalan dengan lancar. Kegiatan Diklat Etika dalam Berorganisasi HIMA Akuntansi S1 Universitas Pamulang dilaksanakan untuk membentuk kualitas diri  para pengurus dalam berperilaku di organisasi dengan karakter moral yang konsisten terhadap kejujuran dan etika yang  berpotensi pada tingkah laku  yang terpuji.
    Melalui Kegiatan Diklat Etika dalam Berorganisasi ini pengurus diberikan pengertian Mengenai Budaya di dalam Organisasi. 3 konsep nilai yang ada dalam organisasi yaitu Nilai, Nilai yang mendukung, dan nilai yang diperankan. Faktor penentu budaya organisasi yang terdiri dari :
Pengalaman Organisasi (Organizational Experiences) merupakan faktor  penentu utama terciptanya sebuah Budaya Organisasi itu sendiri.
Pengalaman Organisasi dapat berupa keberhasilan maupun kegagalan yang dialami organisasi dalam menjalani kegiatannya dari waktu ke waktu.
Prinsip, Norma, Keyakinan, juga dapat menjadi faktor penentu terbentuknya sebuah Budaya Organisasi.
Fungsi utama dari budaya organisasi yaitu sebagai Proses Integrasi Internal dan sebagai Proses Adaptasi Eksternal. Dan dijelaskan bagaimana cara menanamkan budaya di dalam organisasi  seperti sikap teladan seorang pemimpin, Sistem dan Prosedur organisasi, Melalui tujuan organisasi yg ingin dicapai, dan Menggunakan filosofi, visi, misi, nilai-nilai dan material organisasi dalam rekruitmen, seleksi, dan sosialisasi. Di dalam Diklat Etika dalam Berorganisasi ini tak lupa juga dijelaskan tentang apa itu Etika, Norma Etika, bagaimana mengembangkan Etika berdasarkan Tempatnya, dan bagaiman Etika Kerja Individu dalam Berorganisasi. 
Setelah pemaparan Materi Pemateri memberikan sebuah kasus dimana setiap pengurus dibagi menjadi 5 kelompok dimana, 
kelompok 1 sebagai pengurus Nakal, 
kelompok 2 sebagai kakak senior, 
kelompok 3 sebagai pengurus baik yang menjalankan tugas sesuai perintah, 
kelompok 4 sebagai ketua HIMA, dan 
kelompok 5 sebagai KPK. 



  1. Kasus pertama seorang pengurus nakal yang meminta tolong untuk membawakan tas nya kepada temannya yang bahwasannya temannya itu adalah ketua bidang namun menurut etika sikap tersebut tidak pantas dilakukan karna menginggat lagi bahwa temannya tersebut adalah ketua bidang dimana jabatannya di dalam kepengurusan lebih tinggi dari pengurus nakal.
  2. Kasus kedua dimana seorang senior yang meminta tolong untuk bertukar jadwal jaga stan  kepada pengurus baik dikarnakan beberapa hal dengan memaksa. Dengan beberapa kasus tersebut Ketua HIMA dan KPK pun menanggapinya sesuai dengan peraturan dan batasan yang telah ditentukan di dalam organisasi tersebut.

Berikut adalah foto-foto dari kegiatan diklat etika dalam berorganisasi:


Itulah tadi program kerja yang telah terlaksana oleh bidang Pelatihan dan Pengembangan organisasi, semoga kegiatannya dapat bermanfaat bagi para pesertanya.

Salam Hima Akuntansi !!!

Lebih muda !!!
Lebih beraksi !!!

Mengukir prestasi !!!

No comments:

Post a Comment

HIMA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

PERSIAPAN PROPOSAL SKRIPSI (PPS)

Siapa yang udah siap mengikuti seminar proposal aka Sempro?? Udah yakin dengan Proposal Skripsi-nya? atau masih ngerasa kurang yakin?      K...