Tuesday, May 22, 2018

Program Kerja Bidang Pelatihan dan Pengembangan Organisasi (Lanjutan)


Haiii sahabat Hima Akuntansi,,,, jumpa lagi dengan kita,
kali ini kita akan mereview tentang program kerja bidang Pelatihan dan Pengembangan Organisasi, atau biasa disingkat PPO. Ada beberapa Program Kerja yang akan kita review di blog ini , yuk check it out !
1.      Diklat Desain Grafis
Namanya juga desain berarti berhubungan dengan digital, pada Diklat Desain Grafis kali ini kami menggunakan Adobe Photoshop. Mengapa? Karena mudah digunakan dan toolsnya juga sangat bervariasi. Tujuan di adakannya Diklat Desain Grafis ini ialah untuk menggali potensi dan inovasi dalam bidang digital setiap individu pengurus HIMA, dengan demikian dapat menjadi bekal dalam dunia pekerjaan. Di periode 2017-2018 telah 2 kali dilaksanakan Diklat Desain Grafis yaitu pada tanggal 05 juli 2017 dan 18 desember 2017. Diklat pertama peserta mempelajari tentang dasar-dasar dari cara membuat desain yang baik kemudian pada Diklat selanjutnya peserta masuk kedalam tahapan praktek dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Oh iya Diklat Desain Grafis hanya dikhususkan bagi pengurus Hima S1 Akuntansi saja, akan tetapi mudah-mudahan kedepannya dapat diikuti oleh seluruh Mahasiswa/i S1 Akuntansi. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 35 (ribu)  orang.


Pemateri Ka Findri

Suasana Diklat

Para Pengurus yang mengikuti Diklat Desain Grafis

Panitia Ter-Kecehh






2. Diklat Master of Ceremony ( MC ) dan Public Speaking
Diklat ini dilaksanakan untuk menumbuhkan bibit-bibit unggul dalam bidang Public Speaking serta untuk membentuk kualitas diri para pengurus dalam berperilaku di organisasi dengan karakter moral yang konsisten terhadap kejujuran dan etika yang  berpotensi pada tingkah laku  yang terpuji. Diklat MC dilaksanakan terlebih dahulu yaitu pada hari Jumat, 15 September 2017 serta Diklat public speaking pada tanggal 21 September 2017. Walaupun peserta nya dari pengurus Hima S1 Akuntansi sendiri, tapi mereka sangat berantusias dan semangat mengikuti Diklat ini. Selama Diklat pun suasana terasa terbuka dan berwarna.
Tugas utama dari
seorang MC adalah sambutan, sapa pembicara, kenali tema, sampai humor, sampaikan susunan acara, kenalkan pembicara, simak dan catat, santai, rileks dan menutup acara. Di dalam Diklat MC ini tak lupa juga dijelaskan tentang apa itu MC, Mengatasi Grogi, bagaimana mengembangkan suara dan cara berbicara. Sekilas materi dari Diklat MC yaitu syarat menjadi MC sebagai berikut:
1.      Percaya diri
2.      Kemampuan Manajemen
3.      Pandai Beradabtasi
4.      Etika yang baik
5.      Kemampuan mengelola suara yang baik
6.      Penguasaan bahasa yang baik dan benar
7.      Memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas
8.      Body language yang baik
9.      Penampilan
10.  Pengetahuan teknis microphone (mic)
Adapun Diklat Public Speaking sendiri telah terlaksana dan berjalan dengan menyenangkan, dengan pembawaan pemateri beserta mentor-mentor yang membantu mengarahkan pengurus Hima dalam melakukan praktek bagaimana cara berbicara yang baik dan benar di depan umum, menggunakan kata-kata yang tepat dalam menyampaikannya. Pada saat pelaksanaan praktek, pengurus Hima dibagi menjadi beberapa tim dan di tunjuk untuk maju satu-persatu untuk dinilai oleh para mentor dari masing-masing tim, Hal tersebut dilakukan agar dapat mengetahui kesalahan apa saja yang kita lakukan ketika kita berbicara spontan di depan umum agar kedepannya dapat diperbaiki, dan dapat menyampaikan apa yang akan di sampaikan dengan kepada audience.
Itulah tadi keseruan dari Diklat MC dan Public Speaking yang telah terlaksana. Sampai jumpa di Diklat-diklat selanjutnya…


Ketupel & Pemateri

Para peserta & Mentor

Scene Diklat MC

Salam Hima Akuntansi !!!
Lebih Muda,
Lebih Beraksi,
Mengukir Prestasi !!!

No comments:

Post a Comment

HIMA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

Magang Youtube SKK 2023: Memupuk Kreativitas dan Kolaborasi di Universitas Pamulang

Magang Youtube SKK 2023: Memupuk Kreativitas dan Kolaborasi di Universitas Pamulang Rabu, 20 Desember 2023, menjadi momen penting bagi mahas...