Sunday, August 27, 2023

PELATIHAN E-VIEWS 2023

 Halo Sahabat Hima, mimin balik lagi nih

Siapa yang udah gak sabar untuk update kegiatan baru yang diadakan oleh Hima S1 Akuntansi???


Okey, di blog kali ini mimin bakalan up kegiatan seputar dunia per-skripsian nih sahabat! Gimana? menarik banget gak sieee??


            Untuk kakak-kakak yang udah masuk semester akhir pasti udah gak asing lagi kan sama yang namanya "Olah Data"?? (HEHEHE) dan biasanya udah gak asing juga sama aplikasi olah data yang namanya Eviews, iya gak sihh? Sebenarnya dikalangan Mahasiswa, untuk olah data gak hanya pakai aplikasi Eviews aja, ada juga yang pakai SPSS. Namun pada kesempatan kali ini, kami dari Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi memilih penggunaan aplikasi Eviews karena aplikasi ini lah yang sering digunakan oleh Mahasiswa/i Prodi Akuntansi S1 di Universitas Pamulang.

Peserta Pelatihan EVIEWS 2023

Alhamdulillah pada hari Sabtu, 1 April 2023, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Eviews oleh Bidang Pendidikan dan Keilmuan (DIKMUL) Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang yang dilaksanakan secara offline di Universitas Pamulang, Kampus Pusat, Ruang 541E dengan pemateri yaitu Ibu Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M. sebagai dosen Prodi Sarjana Akuntansi sekaligus Pembina Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi. Pelatihan Eviews ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 April 2023 dengan dihadiri sejumlah 47 peserta. Sebelum dimulainya acara, panitia melakukan briefing terlebih dahulu bersama Ibu Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M. selaku pemateri. Acara ini dimulai pada pukul 08.45 WIB dengan melakukan registrasi peserta, kemudian diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Kak Siti Amdiah, dan sambutan dari Wakil Ketua Umum Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang yaitu Kak Arni.  


Kak Siti Amdiah selaku Ketua Pelaksana

Setelah sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan pemaparan materi dan praktik cara menggunakan Eviews oleh Ibu Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M. selaku pemateri, materi yang dijelaskan mengenai:

1.      Jenis-jenis sumber data;

2.      Jenis-jenis data; dan

3.      Jenis panel

 

            Selain itu, pemateri juga menjelaskan mengenai cara dalam mencari Uji Deskriptif, Pengujian model data panel untuk mengetahui CEM, FEM, REM, Penentuan model untuk mengetahui estimasi dari koefisien regresi, Uji Chow, Uji Hausman, Uji Lagrange Multiplier, mencari uji asumsi klasik  yang meliputi Normalitas, Uji Non Multikolinearitas, Uji Non-Heteroskedastisitas dan Uji Non-Autokorelasi, mencari penentuan uji regresi linier berganda, Uji Koefisien Determinasi (R Square), dan Penentuan Uji hipotesis dengan menggunakan Uji Simultan (Uji F) dan Uji Parsial (Uji T).

Pemaparan Materi oleh Ibu Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M.

Praktik Olah Data menggunakan Eviews

Sesi Tanya Jawab


                Nah itu dia keseruan dari Pelatihan Eviews 2023 kali ini, terima kasih untuk kakak-kakak yang sudah datang dan berpartisipasi pada kegiatan kali ini. Semoga apa yang sudah kita berikan dapat menjadi bermanfaat bagi kakak-kakak semua. 




Sampai bertemu di kegiatan HIMA S1 Akuntansi selanjutnya, sahabat!

No comments:

Post a Comment

HIMA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

PERSIAPAN PROPOSAL SKRIPSI (PPS)

Siapa yang udah siap mengikuti seminar proposal aka Sempro?? Udah yakin dengan Proposal Skripsi-nya? atau masih ngerasa kurang yakin?      K...