Saturday, August 19, 2023

ACCOUNTING FESTIVAL 2022

Halo sahabat Hima dimana pun kalian beradaa...... semoga kalian sehat selalu yaaa!!

Ada yang inget ga di bulan November 2022 sampai awal Januari 2023 kemarin Hima S1 Akuntansi menyelenggarakan acara besar apa di kampus UNPAM pusat?

Iyaaa betul banget, kami Hima S1 Akuntansi telah menyelenggarakan kegiatan Accounting Festival yang merupakan Program Kerja Unggulan, loh! Gimana menurut kalian seru gak??



Hima Akuntansi S1 menyelenggarakan Program Kerja Unggulan yang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tepat pada tahun 2022 kemarin, merupakan pelaksanaan Accounting Festival yang ke-8, loh sahabat! Accounting Festival masih terus terlaksana sampai saat ini gak lain dan gak bukan karena antusias dari temen-temen Mahasiswa Akuntansi juga niiiih….

Walaupun namanya Accounting Festival, tapi ada beberapa kegiatan yang memperbolehkan Mahasiswa dari luar Prodi Akuntansi maupun luar Universitas Pamulang untuk dapat berpartisipasi dalam acara Accfest. Tujuannya untuk  membangun rasa percaya diri temen-temen semua agar bisa tampil di depan umum serta memperluas pertemanan kita juga lohh.....

Di Accfest 2022 ini kita mengangkat tema BREAK A LIMIT and BE EXTRAORDINARY” yang tentunya berbeda dengan Accfest tahun lalu, dan pastinya lebih seru dan asikkk bangettt.. dari tema diatas diharapkan dapat mendorong mahasiswa mampu berkarya, berinovasi dan menumbuhkan jiwa sosial serta mengembangkan passion dan potensi diri secara optimal dan  dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar pembentukan masa depan.

Seperti Accfest tahun lalu, guna memberdayakan potensi dan sumber daya  Mahasiswa/i Prodi S1 Akuntansi umum yang aktif, maka diadakan “Open Recuitment” atau Oprec. Oprec di Accfest 2022 kemarin, kami membuka 9 posisi yang dapat dipilih oleh Mahasiswa/i, diantaranya acara, sponsorship & media partner, kreatif,  merchandise, venue, humas, perlengkapan, dokumentasi, dan kewirausahaan. Dari banyaknya Mahasiswa/i yang berpartisipasi dalam kegiatan Oprec ini, akhirnya terpilih 26 orang yang memenuhi kriteria dan dapat bergabung menjadi panitia Accfest 2022. Mereka ialah:

1.      Acara:

- Muhamad Rizki Bayhaki

- Muhammad Alfiansyah Noer

- Anggita Ayundasari

2.      Sponsorship & Media Partner:

- Tasya Rizki Amelia

- Elizabet Putri

3.      Kreatif:

- Riski Agil Nazar

- Sevhia Fransiska Trivena Br. Naibaho

- Martha Kalorina

- Dea Riyati

4.      Merchandise:

- Yoga Firmansyah

- Nur Kholifah

- Adella Yustiara

5.      Venue:

- Hary Hidayatullah

- Amelia Nurika Shafira

6.      Humas:

- Ita Puspita

- Arina Rahmi Rispandi

7.      Perlengkapan:

- Dominique Wibowo

- Siti Novitasari

- Mia Agustina Haryono

- Muhammad Rifa’i

8.      Dokumentasi:

- Tiara Azzahra

- Juni Rangga

- Nurina

9.      Kewirausahaan:

- Mahsa Boediaraminta

- Irfani Choiriyah Sukriawan

- Delvya Gita Marlina

-----#####----- 

Okey, tadi kita udah ngebahas teman-teman Mahasiswa Akuntansi yang berkesempatan untuk  menjadi bagian dari AccFest 2022 nih. Kita langsung aja bahas keseruan acaranya AccFest kemarin aja kali yaaaa....

Jadi, pada hari Senin, 21 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan Opening Accounting Festival 2022 bertempat di Aula Rektorat Universitas Pamulang, Kampus Pusat dan dengan dihadiri oleh Pembina Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Dr. H. Endang Ruhiyat., S.E., M.M., CSRA., CMA. dan Wakil Rektor III Bapak Dr. M. Wildan, S.S., M.A. tamu undangan dari HIMA dan UKM yang ada di Universitas Pamulang, serta seluruh Mahasiswa/i S1 Akuntansi.

Opening Accounting Festival 2022 diawali dengan hiburan oleh Tim Sanggar Akuntari, kemudian dibuka oleh MC yang selanjutnya adalah pembacaan Ayat Suci Al-quran, kemudian menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Kegiatan selanjutnya adalah penayangan video dokumenter Accounting Festival dan kemudian pembukaan secara resmi Accounting Festival yang dilakukan oleh Bapak Dr. M. Wildan, S.S., M.A. selaku Wakil Rektor III Universitas Pamulang. Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan drama musical sekaligus pengenalan Accounting Festival 2022 serta parade perlombaan dan kegiatan yang ada pada AccFest 2022, diantaranya ialah:

·         Accounting Futsal Cup (AFC)

·         E-Sport Mobile Legend

·         Pamulang Accounting Competition (PAC)

·         Accounting Got Talent (AGT)

·         Putra-Putri Akuntansi (PPA)

·         Charity


            Acara Opening diakhiri dengan
hiburan yang sangat meriah dari pengurus Hima S1 Akuntansi agar seluruh rangkaian kegiatan AccFest 2022 dapat terlaksana dengan meriah juga!!

Pembukaan AccFest 2022


Penampilan Panitia & Drama Musical

 


-----#####-----

Sabtu, 26 November 2022 dilaksanakan kegiatan pertama dari beberapa rangkaian kegiatan AccFest 2022, yaitu babak penyisihan dari Pamulang Accounting Competition (PAC) sebagai pembuka dari rangkaian AccFest 2022. Babak penyisihan PAC ini dilaksanakan secara daring melalui Google Form yang dimana pada babak ini seluruh peserta yang terdiri dari 34 tim yang merupakan Mahasiswa/i aktif seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia mengerjakan sebanyak 100 butir soal yang sudah disediakan oleh panitia. Pada babak penyisihan ini, akhirnya didapati 12 tim yang lolos untuk masuk ke babak selanjutnya, yaitu babak Semi Final. Babab Semi Final ini dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Desember 2022 melalui Video Conference Zoom Meeting. Pada babak Semi Final ini masing-masing tim akan mempresentasikan Essay yang sudah dibuat sebelumnya, dan pada babak Semi Final ini dimenangkan oleh 6 tim yang memperoleh point tertinggi yaitu Tim WD Corp dari PKN STAN, Tim IAI Junior dari STEI SEBI, Tim Ceria dari Universitas Surabaya, Tim Bangan dari PKN STAN, Tim Profit dari Politeknik Negere Jakarta, dan Tim Nusantara dari Universitas Pamulang yang akan lanjut ke babak Final. 

Selanjutnya pada babak Final PAC, dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Desember 2022 yang mengusung konsep debat sebagai penentu siapa yang akan menjadi juara 1, 2, dan 3. Pada babak Final ini terdapat 3 orang juri akan menjadi penilai dan akan memberikan komentar terkait sesi debat yang akan diikuti oleh ke-enam tim, diantaranya yaitu Ibu Wiwit Irawati, S.E., M.Ak., Bapak Zef Arfiansyah, S.E., M.Acc.Fin., CRMO, CPA. dan Ibu Trismayarni Ellen, S.E., M.Si. Pada babak Final ini didapati 3 orang pemenang yaitu Tim Bangan dari PKN STAN yang menjadi juara pertama, kemudian IAI Junior dari STEI SEBI yang menjadi juara kedua, dan Tim Ceria dari Universitas Surabaya yang menjadi juara ketiga. Selain itu, terdapat pula juara harapan 1 yang diraih oleh Tim WD Corp dari PKN STAN, juara harapan 2 oleh Tim Profit dari Politeknik Negeri Jakarta, dan juara harapan 3 oleh Tim Nusantara dari Universitas Pamulang.

Foto Bersama Juri dengan 12 Tim

 
Moderator & MC PAC


Dokumentasi Kegiatan PAC

-----#####-----

Selanjutnya kita punya kegiatan kedua nih dari rangkaian AccFest, yaitu e-sport Mobile Legend. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 27 November 2022! Sahabat Hima tau gak e-sport Mobile Legend itu apa??? Jadiii, e-sport Mobile Legend merupakan salah satu game online sport yang dimana pemain bertarung dalam pertarungan dan perlu kerjasama tim yang baik untuk dapat memenangkan pertandingan.

Di hari Minggu, 27 November 2022 telah dilaksanakan babak penyisihan secara online yang dimana terdapat 21 pertandingan yang melibatkan 30 tim. Kemudian pada hari Minggu, 3 Desember 2022 dilanjutkan pertandingan pada babak Semi Final dan Final tentunya secara online juga dong hehehe. Terdapat 4 tim nih yang masuk ke babak Semi Final, diantaranya -1KONTINGEN, B4B Go, Ten Minute, dan Ukom FH UKI. Setelah pertandingan yang cukup sengit, akhirnya E-Sport Mobile Legend ini dimenangkan oleh B4B Go sebagai juara 1, Ukom FH UKI sebagai juara 2, dan -1KONTINGEN sebagai juara 3. Selain itu kita punya nominasi Best Player nih, sahabat! Best player diraih oleh Holyness dari tim B4B Go… selamat untuk para pemenang <3




-----#####-----

Habis e-sport kita punya rangkaian kegiatan yang gak kalah seru nih, guys! Kita punya Accounting Got Talent (AGT), AGT ini diadakan dengan tujuan yaitu mencari, menemukan, dan mengembangkan potensi dan kreatifitas Mahasiswa/i yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan bakat, hobi, dan kreatifitas sebagai upaya pengembangan potensi diri. Nah AGT 2022 kemarin dimulai dengan babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari Senin, 28 November 2022 bertempat di Aula Rektorat Kampus Pusat dengan dihadiri oleh 20 peserta dengan rincian 14 peserta menampilkan bakat bernyanyi, 3 peserta menampilkan bakat menari, 1 peserta menampilkan bakat Tilawah, 2 peserta menampilkan bakat membaca puisi, dan 1 peserta menampilkan bakat karate. Dari bakat yang udah kita spill, udah keliatan belum kalo ternyata anak akuntansi nih ga Cuma bisa menghitung doang tapi ternyata punya bakat lain dan keren-keren yaaa?!!

Pada babak penyisihan ini didapat 10 Finalis yang akan masuk ke babak Semi Final dan Final, 10 finalis ini adalah ka Paskah Pricillia dengan bakat menari, ka Nova Hardianti dengan bakat menari, ka Devi Septi dengan bakat membaca puisi, ka Dani dengan bakat menyanyi, ka Fadhilah dengan bakat karate, Grup Argadians dengan bakat menyanyi, ka Elsa Sari dengan bakat menyanyi, ka Tika Damayanti dengan bakat menyanyi, Grup 2n5 dengan bakat menyanyi, dan Grup Buncor dengan bakat menyanyi. Kemudian pada babak Semi Final dan Final ini kita juga pastinya punya juri dong! Juri ini yang nantinya akan menilai dan memberi komentar atas bakat yang telah ditampilkan oleh masing-masing peserta, diantaranya ada Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si., Ibu Fina Ratnasari, S.E., M.Ak., dan kak Stefanus Yoseph M. A. Meak dari UKM PSM Gita Sasmita UNPAM. Pada babak Semi Final ini akhirnya didapati 5 orang peserta yang lolos ke babak final yaitu Grup Buncor, kak Paskah Pricillia, kak Nova Hardianti, kak Tika Damayanti, dan kak Devi Septi. Setelah babak Final selesai, akhirnya Accounting Got Talent 2022 mendapatkan pemenang baru yaitu kak Paskah Pricillia sebagai Juara 1, kak Nova Hardianti sebagai juara 2, dan Grup 2n5 sebagai juara favorit.

Ibu Putri Nurmala, S.E., M.Si. & Kak Paskah Pricillia (Juara 1)

Kak 
Stefanus Yoseph M. A. Meak & Kak Nova Hardianti (Juara 2)

 
Ibu Fina Ratnasari, S.E., M.Ak. & Grup 2n5 (Juara Favorit)

Penampilan Grup Buncor

-----#####-----

Selanjutnyaaa kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh Mahasiswa/i S1 Akuntansi Universitas Pamulang,,, yaitu Putra Putri Akuntansiiii…… yeaaay! 

Rangkaian pertama dari kegiatan Putra Putri Akuntansi ini adalah wawancara calon Putra Putri Akuntansi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 29 November 2022 yang dihadiri oleh 20 peserta yaitu 11 orang calon Putri Akuntansi dan 9 orang Calon Putra Akuntansi, serta 6 pewawancara. Pada tahap wawancara ini diawali dengan tahap penyisihan tes tertulis dengan 10 pertanyaan yang harus dijawab. Tahap selanjutnya adalah membagi peserta dalam 3 kelompok, dan diakhiri dengan diskusi yang diikuti oleh 10 besar Finalis Putra Putri Akuntansi (PPA) 2022, yang akhirnya didapatkan 5 Putri yaitu Pitri Yolantika, Mariana Sawalla, Fitria Desiyanti, Tri Mulyani, dan Grace Diana, serta 5 Putra yaitu Ari Fapriansyaj, Aap Apriansyah, Solihin, Fika Aisy Musaffa Loupatty, dan Putra Agustian. 

Tahap selanjutnya dari kegiatan PPA 2022 ini adalah karantina yang dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Desember 2022 bertempat di Ruang 218 Universitas Pamulang. Kegiatan pertama yaitu penyampaian materi Public Speaking & Attitude oleh Ibu Siti Hanah, S.E., M.M. kemudian penyampaian materi Etika dalam berorganisasi. Kegiatan selanjutnya adalah materi Beauty Class & Catwalk oleh kak Georgius Jendoyo Putro Momi sebagai Putra Akuntansi 2021 dan kak Aprilia sebagai Putri Akuntansi Terfavorit 2021. Rangkaian terakhir, yaitu babak Final Putra Putri Akuntansi 2022 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Desember 2022 dengan menghadirkan 10 Finalis Putra Putri Akuntansi 2022 dan 3 orang juri yaitu Ibu Siti Hanah, S.E., M.M., Ibu Listya Sugiyarti, S,E., M.Si., dan Kak Septian Syahrul selaku Putra Akuntansi 2021. 

Setelah semua sesi berlangsung pada babak Final kemarin, akhirnya Putra Putri Akuntansi punya wajah baru nih guys! Putra Putri Akuntansi 2022 jatuh kepada kak Solihin dengan skor 348,3 dan kak Putri Yolantika dengan skor 346,7…yeaaay selanjutnya, Putra Putri Akuntansi Terfavorit 2022 diberikan kepada kak Aap Apriansyah dan ka Fitri Desiyanti (tepuk tangan meriah)


Wawancara Putra Putri Akuntansi 2022



Materi Public Speaking & Attitude oleh Ibu Siti Hanah, S.E., M.M



Beauty Class

Gimana nih Sahabat? seru banget gak sih rangkaian yang ada di AccFest 2022??
*Loh!? Segitu aja nih???

WKWKWKWK enggak dong, keseruannya masih berlanjut nih! Penasaran?

Lanjut Part 2 hehehehehe

No comments:

Post a Comment

HIMA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

PERSIAPAN PROPOSAL SKRIPSI (PPS)

Siapa yang udah siap mengikuti seminar proposal aka Sempro?? Udah yakin dengan Proposal Skripsi-nya? atau masih ngerasa kurang yakin?      K...